Belajar Piano, Eleventh Chord
Chords 11, 13, SUS & 6
Eleventh Chord (11TH)
Sebuah 11 (atau = 4) dapat ditambahkan pada seventh cord atau ninth chord dan membentuk eleventh chord. Ada dua macam eleventh chords, yaitu:

gambar 1. C11
Dalam prakteknya, 3 (inner) pada triad tidak dimainkan, sedangkan 5 (outer) tergantung konteks. Chord ini sebenarnya adalah slash chord yaitu Bb/C.
Chord C11 biasanya digunakan sebagai jembatan dari dominant ke Tonic (dari V ke Saya contohkan dengan MIDI file dari C11 ke Fmaj7.

gambar 2. C11 alternatif
Gambar 4 adalah alternatif lain untuk minor 11 dengan 5 dan 2 pada triad dihilangkan. Chord ini juga mempunyai karakter yang khas, cocok untuk lagu-lagu funk. Chord ini adalah slash chord Bbsus4/C.
Silahkan dengarkan demo dari Cmin11 Alternatif. Dengan progresif chord minor I-IV, saya menggunakan suara clav untuk chord min 11 dengan variasi up-down half step pada chordnya.
Pada beberapa buku teori musik, gambar 6 yang sering disebut dengan C13, tetapi jika mengacu pada sistem penamaan chord, maka C13 yang benar adalah gambar 5.
Saya pribadi lebih sering menggunakan C9add13. Chord ini juga sering digunakan sebagai dominant ke tonic atau dari tonic ke subdominant. Pada contoh MIDI, saya menggunakan progresif I-VI-II-V, dimana I adalah major 7, VI adalah dominant7#5, II adalah minor 9 atau minor 11 dan V adalah 13. Contoh ini saya mainkan dalam middle-fast swing style.

gambar 6. C9 add13
Untuk gitar, 13 adalah Root-b7-3′-13′, seperti gambar 6 dengan 9 dihilangkan.
Untuk chord 11 dan 13, inner dan outer note pada triad baik major maupun minor jarang digunakan, biasa hanya root sebagai bass saja. Kalaupun digunakan biasa dinaikkan satu octav.
Suspended Chords
Ada dua macam suspended yang digunakan dalam hal ini yaitu 2 dan 4. Dalam chord suspended, not 3 dihilangkan, tujuannya agar chord yang dihasilkan benar-benar terasa suspendnya (menggantung).
Saya sering menggunakan chord ini sebagai dominant menuju ke tonic. Keyboardist Hosana Integrity, Tom Brooks, sering menggunakan chord ini, khususnya inversi I-nya (gambar 12).

gambar 12. G7sus2/4
Chord 7sus2/4 sering saya gunakan sebagai dominant, dibandingkan menggunakan 7. Khususnya bila melodi akhirnya ada pada 2 atau 5, seperti pada gambar 12 pada C major scale.
Penutup
Kita coba rangkumkan lagi apa yang Anda telah pelajari di bagian-bagian sebelumnya:
Kita telah belajar tentang scale, yaitu kumpulan dari beberapa not yang disusun dalam pola sedemikian rupa.
Dari scale kita mengenal apa itu interval dan macam-macamnya.
Lewat interval kita melihat bagaimana interval major or minor 3rd diterapkan dalam 3 not sehingga membentuk triads.
Lewat triads kita aplikasikan ke dalam major scale dan membentuk chords.
Eleventh Chord (11TH)
Sebuah 11 (atau = 4) dapat ditambahkan pada seventh cord atau ninth chord dan membentuk eleventh chord. Ada dua macam eleventh chords, yaitu:
- 11 (C11)
Chord ini dibentuk dari 9 dan 11.

gambar 1. C11
Dalam prakteknya, 3 (inner) pada triad tidak dimainkan, sedangkan 5 (outer) tergantung konteks. Chord ini sebenarnya adalah slash chord yaitu Bb/C.
Chord C11 biasanya digunakan sebagai jembatan dari dominant ke Tonic (dari V ke Saya contohkan dengan MIDI file dari C11 ke Fmaj7.

gambar 2. C11 alternatif
Minor 11th (Cmin11)
Chord ini dibentuk dari sebuah minor9 dan 11. Menggunakan chord progresif II-V-I dalam minor, saya mendemonstrasikan chord Cmin11 ini. Chord berputar pada Cmin11-Dmin11-G7#5.

gambar 3. Cmin11
Chord ini dibentuk dari sebuah minor9 dan 11. Menggunakan chord progresif II-V-I dalam minor, saya mendemonstrasikan chord Cmin11 ini. Chord berputar pada Cmin11-Dmin11-G7#5.

gambar 3. Cmin11
Gambar 4 adalah alternatif lain untuk minor 11 dengan 5 dan 2 pada triad dihilangkan. Chord ini juga mempunyai karakter yang khas, cocok untuk lagu-lagu funk. Chord ini adalah slash chord Bbsus4/C.
Silahkan dengarkan demo dari Cmin11 Alternatif. Dengan progresif chord minor I-IV, saya menggunakan suara clav untuk chord min 11 dengan variasi up-down half step pada chordnya.
Bass juga mengisi melody menggunakan blues scale dan dorian scale. Untuk para drummer check out drum substitution (1/16) pada measure 20 (detik ke 40-44 pada winamp atau player lainnya).

gambar 4. Cmin11 alternatif
Thirteenth Chords (13th)
Sebuah 13 (atau = 6) dapat ditambahkan pada ninth chord atau eleventh chord dan membentuk thirteenth chord. Macamnya:

gambar 4. Cmin11 alternatif
Thirteenth Chords (13th)
Sebuah 13 (atau = 6) dapat ditambahkan pada ninth chord atau eleventh chord dan membentuk thirteenth chord. Macamnya:
13 (C13)
Chord ini dibentuk dari sebuah 11 ditambah 13.

gambar 5. C13
Chord ini dibentuk dari sebuah 11 ditambah 13.

gambar 5. C13
Pada beberapa buku teori musik, gambar 6 yang sering disebut dengan C13, tetapi jika mengacu pada sistem penamaan chord, maka C13 yang benar adalah gambar 5.
Saya pribadi lebih sering menggunakan C9add13. Chord ini juga sering digunakan sebagai dominant ke tonic atau dari tonic ke subdominant. Pada contoh MIDI, saya menggunakan progresif I-VI-II-V, dimana I adalah major 7, VI adalah dominant7#5, II adalah minor 9 atau minor 11 dan V adalah 13. Contoh ini saya mainkan dalam middle-fast swing style.

gambar 6. C9 add13
Untuk gitar, 13 adalah Root-b7-3′-13′, seperti gambar 6 dengan 9 dihilangkan.
13#9 (C13#9)
Chord ini dibentuk dari dominant7, sebuah #9 dan 13. Setahu saya chord ini jarang dipakai, yang lebih sering digunakan adalah 13b9.

gambar 7. C13#9
Chord ini dibentuk dari dominant7, sebuah #9 dan 13. Setahu saya chord ini jarang dipakai, yang lebih sering digunakan adalah 13b9.

gambar 7. C13#9
13b9 (C13b9)
Chord ini dibentuk dari dominant7, sebuah b9 dan 13. Fungsinya sebagai jembatan dari dominant ke tonic. Dominantnya V13b9 dan tonicnya major7. Saya contohkan dengan progresif II-V-I, dimana II adalah minor9, V13b9 dan I major7.

Gambar 8. C13b9
Chord ini dibentuk dari dominant7, sebuah b9 dan 13. Fungsinya sebagai jembatan dari dominant ke tonic. Dominantnya V13b9 dan tonicnya major7. Saya contohkan dengan progresif II-V-I, dimana II adalah minor9, V13b9 dan I major7.

Gambar 8. C13b9
Untuk chord 11 dan 13, inner dan outer note pada triad baik major maupun minor jarang digunakan, biasa hanya root sebagai bass saja. Kalaupun digunakan biasa dinaikkan satu octav.
Suspended Chords
Ada dua macam suspended yang digunakan dalam hal ini yaitu 2 dan 4. Dalam chord suspended, not 3 dihilangkan, tujuannya agar chord yang dihasilkan benar-benar terasa suspendnya (menggantung).
Sus2 (Csus2)
Dalam C, chord ini terdiri dari C-D-G atau 1-2-5. Chord ini termasuk power chord, karena dengan sus2 kita bisa memainkan kombinasi chord progresion dengan bass yang berbeda-beda (C, D, E, F, G, A, Bb, F#) dan semua ‘masuk’ dengan chord ini.
Dalam C, chord ini terdiri dari C-D-G atau 1-2-5. Chord ini termasuk power chord, karena dengan sus2 kita bisa memainkan kombinasi chord progresion dengan bass yang berbeda-beda (C, D, E, F, G, A, Bb, F#) dan semua ‘masuk’ dengan chord ini.
Saya membuat file MIDI untuk mendemonstrasikan keampuhan sus2 ini. Urutan running bassnya adalah C-A-G#-F-G-C-A-G#-G-D-E-F-Bb-A-D-E-Bb-G#-G-C, chord yang digunakan hanyalah Csus2. Juga dengan contoh permainan outside melodi.

gambar 9. Csus2

gambar 9. Csus2
Sus4 (Csus4)
Chord ini disusun dengan nada 1-4-5. Jika ditulis dalam root C adalah C-F-G. Chord ini biasanya diikuti dengan majornya (triad, 1-3-5). Saya demokan penggunaan sus4 dengan progresif I-VI-V-IV. Chord I dan VI menggunakan Csus4, V menggunakan Gsus4 dan IV menggunakan Fsus4.

gambar 10. Csus4
Chord ini disusun dengan nada 1-4-5. Jika ditulis dalam root C adalah C-F-G. Chord ini biasanya diikuti dengan majornya (triad, 1-3-5). Saya demokan penggunaan sus4 dengan progresif I-VI-V-IV. Chord I dan VI menggunakan Csus4, V menggunakan Gsus4 dan IV menggunakan Fsus4.

gambar 10. Csus4
Sus2/4 (Csus2/4)
Chord ini terdiri dari 1-2-4-5 atau C-D-F-G pada C major scale. Silahkan klik gambar 11 untuk mendengar bunyinya. Dalam contoh tersebut saya mainkan mulai posisi dasar hingga incersi ketiga.
Chord ini terdiri dari 1-2-4-5 atau C-D-F-G pada C major scale. Silahkan klik gambar 11 untuk mendengar bunyinya. Dalam contoh tersebut saya mainkan mulai posisi dasar hingga incersi ketiga.
Saya sering menggunakan chord ini sebagai dominant menuju ke tonic. Keyboardist Hosana Integrity, Tom Brooks, sering menggunakan chord ini, khususnya inversi I-nya (gambar 12).
Pada gambar 12 titik merah adalah bass dengan tangan kiri, sedangkan hitam adalah chord dengan tangan kanan. Klik gambar 12 untuk mendengar contoh penggunaannya.
Saya contohkan lagu dari Ron Kenoly “I See The Lord”, G7sus2/4 ada pada akhir lagu dalam chord V-nya (yang akan menuju ke tonicnya), tapi saya mainkan secara arpeggio.

gambar 11. Csus2/4

gambar 11. Csus2/4

gambar 12. G7sus2/4
Chord 7sus2/4 sering saya gunakan sebagai dominant, dibandingkan menggunakan 7. Khususnya bila melodi akhirnya ada pada 2 atau 5, seperti pada gambar 12 pada C major scale.
Kalau kita teliti, maka sebenarnya ada chord 11 didalamnya dan ditambah dengan 2 & 5. Bagi Anda pemain piano atau keyboard, gunakan chord ini sebagai V dalam progresif V-I, soundnya terasa lebih deep.
Sixth Chords (6th)
Chord ini dibentuk dengan menambahkan not ke-6 (6th) pada triad.
Sixth Chords (6th)
Chord ini dibentuk dengan menambahkan not ke-6 (6th) pada triad.
Major 6th (Cmaj6 atau disingkat C6)
Chord ini dibentuk dari sebuah major triad dan 6. Chord ini sering digunakan dalam irama samba, salsa, terkadang dalam progresif v7-I9-IV, dimana IV adalah major6. Saya demokan dalam irama samba dengan II-V-I progresion. II adalah minor7, V dom7 atau 9, I adalah major6.

gambar 13. Cmaj6
Chord ini dibentuk dari sebuah major triad dan 6. Chord ini sering digunakan dalam irama samba, salsa, terkadang dalam progresif v7-I9-IV, dimana IV adalah major6. Saya demokan dalam irama samba dengan II-V-I progresion. II adalah minor7, V dom7 atau 9, I adalah major6.

gambar 13. Cmaj6
Minor 6th (Cmin6)
Chord ini dibentuk dari sebuah minor triad dan 6. Saya demokan dengan progresif II-V-I. II adalah Dhalfdim7, V adalah Gmin7b5 dan I adalah Cmin6

gambar 14. Cmin6
Chord ini dibentuk dari sebuah minor triad dan 6. Saya demokan dengan progresif II-V-I. II adalah Dhalfdim7, V adalah Gmin7b5 dan I adalah Cmin6

gambar 14. Cmin6
Penutup
Kita coba rangkumkan lagi apa yang Anda telah pelajari di bagian-bagian sebelumnya:
Kita telah belajar tentang scale, yaitu kumpulan dari beberapa not yang disusun dalam pola sedemikian rupa.
Dari scale kita mengenal apa itu interval dan macam-macamnya.
Lewat interval kita melihat bagaimana interval major or minor 3rd diterapkan dalam 3 not sehingga membentuk triads.
Lewat triads kita aplikasikan ke dalam major scale dan membentuk chords.
Chords dapat diperluas dan dikembangkan lagi dengan 7, 9, 11, 13, 6 dan sus.
Posting Komentar untuk "Belajar Piano, Eleventh Chord"